CONFORMANCE TO REQUIREMENTS AND FITNESS FOR USE - DO IT RIGHT THE FIRST TIME AND AVOID RE-WORK
“UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA, TINGKATKAN DISIPLIN KERJA, JAGALAH KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA”

Cari Buletin / Berita

Minggu, 04 Maret 2018

MASUK RUANGAN TERTUTUP

Banyak kecelakaan yang terjadi sewaktu pekerja sedang bekerja di dalam ruangan tertutup / tanki. Rata-rata kejadian tersebut diakibatkan karena kekurangan oxygen dan adanya gas lain di dalam ruangan tertutup/ tanki.

Dengan ini dihimbau dan di ingatkan kembali, untuk setiap pekerjaan di dalam ruangan tertutup/ tanki.
  1. Harap menginformasikan ke Petugas Safety lokasi kerja anda dan mengajukan izin kerja ruangan tertutup/ tanki, supaya dilakukan pengecekan kondisi tanki terlebih dahulu.
  2. Setiap aktifitas di dalam ruangan tertutup/ tanki, juga harus terpasang papan tanda kondisi gas di dalam tanki.
  3. Catat dan Laporkan jumlah pekerja yang berada/ bekerja di dalam ruangan tertutup/ tanki tersebut ke petugas safety.
  4. Hanya pekerja yang berkondisi sehat dan memiliki kemampuan sesuai dengan pekerjaan tersebut yang di ijinkan masuk ke dalam ruang tertutup/tanki .
  5. Hindari pekerjaan yang berlawanan secara bersamaan. Contoh : Kerja panas dan pengecatan. Komunikasikan dengan project incharge, pekerjaan yang terlebih dahulu dilakukan (jangan memikikirkan pekerjaan kita sendiri cepat selesai, pikirkan keselamatan pekerja lain) 


Peran seorang Supervisor juga sangat dibutuhkan di sini. Supervisor harus memastikan bahwa sudah tersedia semua perlengkapan/ Peralatan keselamatan yang dibutuhkan termasuk blower, ventilasi yang memadai, alat penerangan dan lain-lain.

Supervisor juga harus memastikan bahwa sudah dipenuhinya semua ketentuan keselamatan kerja yang dibutuhkan untuk pekerjaan di dalam ruangan tertutup/tanki, Jangan menyepelekan atau menganggap enteng semua jenis pekerjaan, karena pekerjaan di dalam ruangan tertutup/ tanki sangatlah berbahaya. Semua yang terlibat pekerjaan di dalam ruangan tertutup/ tanki wajib melaporkan jika dijumpai keadaan yang kurang aman, dan kita hentikan pekerjaan kita jika kita merasa ada indikasi bahaya, Laporkan ke Charge Hand anda lalu ke Supervisor anda, dan segera informasikan ke petugas safety atau Project yang incharge.

“KEPEDULIAN KESELAMATAN KERJA DI SEKITAR ANDA, SANGATLAH PENTING. UTAMAKAN KESELAMATAN”