CONFORMANCE TO REQUIREMENTS AND FITNESS FOR USE - DO IT RIGHT THE FIRST TIME AND AVOID RE-WORK
“UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA, TINGKATKAN DISIPLIN KERJA, JAGALAH KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA”

Cari Buletin / Berita

Jumat, 16 Februari 2018

PENANGANAN LIMBAH B3 DI MAINTENANCE WORKSHOP

Workshop Maintenance adalah lokasi atau tempat untuk mengadakan reparasi dan perawatan alat-alat operasional perusahaan yang ada di dalam PT. Batamec. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga performance alat tetap terjaga supaya dapat mengurangi kerusakan dan agar keamanan alat-alat terjamin dengan baik sebelum melakukan operasional. Dengan adanya kegiatan reparasi dan perawatan alat di workshop Maintenance, seperti halnya perawatan mesin, motor, pergantian oli / grease dan juga kegiatan lainnya yang berhubungan dengan perawatan akan menghasilkan limbah B3 yang berdampak pada lingkungan yang ada disekitarnya, baik air, tanah dan udara.

Sebagai langkah untuk menangani dan mengurangi dampak dari kegiatan tersebut maka disetiap lokasi Workshop Maintenance yang berhubungan dengan tempat penyimpanan bahan berbahaya ataupun lokasi kerja yang berhubungan dengan timbulnya bahan pencemar lingkungan, harus tertata sesuai standar ramah lingkungan.

Berikut beberapa lokasi yang harus diperhatikan :

1. Tempat Penyimpanan Bahan Berbahaya
Tempat penyimpanan bahan berbahaya seperti Oli, Solar, Chemical dan lainnya harus memenuhi kriteria ramah lingkungan, dimana lokasi tersebut harus dilengkapai dengan tanggul pembatas pinggir sebagai wadah untuk mengantisipasi adanya tumpahan dan ceceran. Disamping itu juga harus tersedia spillkits yaitu peralatan penanganan terjadinya tumpahan atau ceceran seperti serbuk gergaji, pasir, absorben dan lain sebagainya. Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah, pemasangan symbol bahan berbahaya di setiap produk bahan berbahaya yang dilengkapai dengan MSDS (Material Safety Data Sheet)

2. Lokasi Kerja
Lokasi kerja yang ada di Workshop Maintenance diantaranya lokasi pencucian motor ataupun mesin, dan juga lokasi tempat pergantian air aki harus sesuai dengan standar lingkungan, dimana lokasi tersebut juga harus dilengkapi dengan tanggul pembatas agar jangan terjadi limpahan dan ceceran air bekas cucian ke daerah lain. Disamping itu, setiap lokasi atau saluran pembuangan / drainase harus dilengkpai dengan oil trap / water treatment (pemilah antara air dan minyak) sebelum dibuang kesaluran umum. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah tersedianya spillkits disetiap lokasi kerja yang ada di Workshop Maintenance. BY : SY