CONFORMANCE TO REQUIREMENTS AND FITNESS FOR USE - DO IT RIGHT THE FIRST TIME AND AVOID RE-WORK
“UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA, TINGKATKAN DISIPLIN KERJA, JAGALAH KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA”

Cari Buletin / Berita

Sabtu, 13 Januari 2018

LOCK OUT DAN TAG OUT


Di lokasi konstruksi, secara umum berhubungan dengan sumber energi. Umumnya kita beranggapan energi hanya listrik; meskipun itu yang banyak diketahui. Banyak bentuk energi lainnya yang dapat ditemui, diantaranya Mesin dapat dioperasikan oleh udara terkompresi, uap, tekanan air atau cairan (hidrolik), pembakaran, dan bahkan gravitasi, baik sendiri atau dalam kombinasi.

Sistem energi membuat reaksi untuk melakukan pekerjaan. selanjutnya, jalur proses energi dapat menimbulkan bahan berbahaya seperti asam, gas, dan pelarut. Zat berbahaya dalam sistem dan sumber energi itu sendiri berbahaya kecuali jika mereka dikendalikan dan dari waktu ke waktu, dibuat tidak dapat dioperasikan.

Cara terbaik untuk membuat sistem tidak dapat dioperasikan adalah

1.  Dengan menggunakan Program lockout dan tag out.Program lockout dan tag out bekerja hanya jika Anda memahami potensi bahaya sistem yang melibatkan tindakan dan reaksi energi dan pentingnya melindungi diri dari bahaya tersebut. Karena ada banyak jenis dan kombinasi tenaga.
1.  Pengawas label bertanggung jawab untuk mengidentifikasi mana sistem harus dikontrol dan dengan cara apa. Pengawas label akan Berkoordinasi dengan para pekerja (termasuk Anda) yang mengetahui sistem dan pekerjaan yang harus dilakukan dan Melaksanakan prosedur perlindungan.
2.  Tugas Anda adalah untuk memastikan Anda tahu prosedur tersebut berada dan mengikuti aturannya.
 
SEBELUM BEKERJA PADA SISTEM ENERGI:
v  Mengetahui bagaimana sistem beroperasi. Apakah itu listrik, hidrolik, udara terkompresi, dll? Apakah melibatkan dua atau lebih jenis energi? Perlindungan bahaya Apa yang Anda butuhkan?
v  Mengetahui energi apa yang beroperasi dan hasil dari operasi itu. Ingat aturan dasar energi: Untuk setiap aksi, ada reaksi sama dan berlawanan. Misalnya, uap menyebabkan sesuatu yang lain untuk beroperasi, contohnya alat pemanas. Jadi yang dibakar oleh uap bukan satu-satunya potensi bahaya.
v  Ikuti setiap prosedur sesuai dengan petunjuk. Prosedur lockout dan tag out dirancang untuk menghentikan dan mengunci sumber arus. Hal ini untuk mencegah energi berulang dengan memblokir bagian untuk mencegah gerakan dan kehilangan proses. Proses ini menyelamatkan nyawa, termasuk Anda. Jangan pernah merubah atau menghilangkan prosedur tanpa persetujuan pengawas label.
v  Tahu apa yang Anda diperboleh lakukan dan tidak diperboleh. Jangan menyalakan saklar atau sumber arus yang telah ditandai, kecuali Anda berwenang untuk melakukannya dan Anda 100% yakin bahwa para pekerja lainnya mengetahui tindakan anda dan aman.
v  Mengetahui status sistem energi. Selalu pastikan arus tidak mengalir dan tidak dapat dihidupkan sebelum melakukan pekerjaan pada sistem. SELALU PERIKSA DUA KALI!
BY:HN