CONFORMANCE TO REQUIREMENTS AND FITNESS FOR USE - DO IT RIGHT THE FIRST TIME AND AVOID RE-WORK
“UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA, TINGKATKAN DISIPLIN KERJA, JAGALAH KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA”

Cari Buletin / Berita

Jumat, 26 Januari 2018

KERAPIHAN (HOUSEKEEPING)

Beberapa pekerja berpikir “Kerapihan (housekeeping)” hanya untuk kebersihan saja, tetapi sebenarnya ruang lingkupnya luas, yakni menyusun alat kerja dan material supaya tidak mengganggu dan menutupi akses jalan, mengatur kabel yang melintang di akses jalan/staging platform, menempatkan welding machine tidak menutupi akses jalan, mengatur plastik blower supaya tidak melintang di akses jalan, mengatur tabung LPG supaya tidak menutupi akses jalan, menempatkan tong sampah supaya tidak melintang di akses jalan, memasang grounding supaya tidak menghalangi akses jalan, membuang sampah / sisa hasil pekerjaan secara rutin dan banyak lagi. Gunakan beberapa menit untuk “Kerapihan (housekeeping)”, mungkin Anda sudah mencegah seseorang dari tergelincir maupun tersandung. Kerapihan (Housekeeping) yang baik bisa mencegah dari cedera, Kerapihan (Housekeeping) dapat melindungi anda, dan dapat menjaga peralatan kerja anda dari kehilangan, rusak dan Hancur. 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah Tergelincir, Tersandung, dan Jatuh?
  1. Jika Anda melihat tempat yang kotor, lakukan pembenahan. Jangan menunggu pekerja lain untuk membersihkannya, Bawalah apa pun yang Anda lihat tergeletak di sekitar, khususnya bila bisa mencederai seseorang atau jatuh.
  2. Jika Anda melihat peralatan seseorang pekerja tergeletak sembarangan, pindahkanlah ketempat yang aman dan terlihat.
  3. Bersihkan akses jalan, area tangga, jalan keluar masuk perancah (scaffolding),dan lantai dari sisa hasil pekerjaan dan puing.
  4. Pastikan tempat penyimpanan dan akses jalan tidak ada lubang dan penghalang.
  5. Bersihkan tumpahan minyak atau cairan lainnya sekaligus. Jika di perlukan, gunakan pasir untuk menutup atau bahan penyerap lainnya sampai bersih, yang bisa membuat pekerja lain tergelincir.
  6. Gulung kabel las atau selang, dll, bila tidak di pergunakan.
  7. Pastikan ada penerangan yang cukup. Bila ada lampu yang rusak, laporkan dan gantikan.
  8. Pastikan Jalan Keluar masuk bebas dari Hambatan. Ingat, Tindakan kita bisa berdampak pada orang lain. Tempat kerja yang bersih dan teratur menandakan bangga dengan pekerjaan anda dan membuat lingkungan kerja lebih menyenangkan. BY : HN