CONFORMANCE TO REQUIREMENTS AND FITNESS FOR USE - DO IT RIGHT THE FIRST TIME AND AVOID RE-WORK
“UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA, TINGKATKAN DISIPLIN KERJA, JAGALAH KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA”

Cari Buletin / Berita

Senin, 09 Oktober 2017

KEBERSIHAN TEMPAT KERJA

Pencemaran terhadap lingkungan terjadi karena kebersihan diabaikan
Memelihara tempat kerja yang bersih dan rapi adalah penting, sebagaimana dijelaskan dalam slogan "KEBERSIHAN DAN KERAPIHAN PANGKAL KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA”. 
Kurangnya kebersihan dan kerapihan dapat menyebabkan timbulnya kecelakaan kerja. Disamping itu ruang kerja yang dipelihara dengan baik menjadikan pekerjaan menyenangkan, mudah, dan bertambah cepat.

Salah satu cara memelihara tempat kerja adalah dengan memindahkan barang yang sudah tidak diperlukan lagi dan menjaga kebersihan dengan cara menyimpan barang ditempat yang sesuai secara rapi untuk memudahkan pengambilan. Tidak hanya setelah pekerjaan selesai, tetapi juga selama pekerjaan berlangsung, usahakan agar benda-benda disekitar lokasi kerja tetap rapi dan teratur untuk menjaga agar lingkungan kerja selalu bersih dan rapi.

Usaha-usaha untuk meningkatkan kebersihan dan kerapihan tempat kerja adaah sebagai berikut :
  1. Usahakan material / alat kerja ditata dengan rapih agar tidak berserakan Seperti : kabel power, selang, material stopper, Shackle, Clemp dll
  2. Segera pindahkan benda yang tidak dibutuhkan lagi.
  3. Simpan barang ditempat yang tetap (tempat dimana seharusnya barang itu berada)
  4. Penempatan barang secara benar dan tumpuk secara aman
  5. Buanglah sampah pada tempatnya.
  6. Dilarang menggantungkan Salinan baju ditempat kerja, simpan pada box/loker masing-masing.
Jika ada pekerjaan Confine Space ( Berkerja didalam ruang terbatas ) dilarang buang air kecil maupun besar didalam ruang ruang terbatas ( confine space ).

Kebersihan adalah kebutuhan, pada gilirannya memberi kenyamanan buat kita yang bekerja juga bagi orang lain yang ada disekitar kita. By SY